KONFIGURASI PRINT SERVER TL-PS110P
Print Server adalah sebuah alat yang terhubung ke perangkat printer dimana printer tersebut dijadikan pusat untuk melakukan proses print dari beberapa komputer yang terhubung melalui jaringan.
print server sangat berguna pada perkantoran dan berguna juga untuk warnet warnet yang melayani jasa print.

Berikut ini langkah-langkah instalasi perangkat Print Server :

Pertama-tama kita harus hidupkan perangkat Print Server, lalu sambungkan ke jaringan.
Melalui komputer di jaringan yang sama, samakan IP address komputer dengan IP Address perangkat Print Server (IP Print Server biasanya di tempelkan di perangkat / ada di manual-nya). Misalnya IP di komputer sekarang 192.168.13.25 dan IP di Print Server 192.168.0.10 maka untuk memanajemen ubahlah IP komputer menjadi 192.168.0.25.




Buka Web Browser komputer dan buka alamat 192.168.0.10 sehingga akan tampak halaman untuk memanajemen Print Server.


Pilih menu Setup dan menu TCP/IP untuk merubah IP Print Server menjadi IP Jaringan lokal anda ( 192.168.13.X). Perlu di ingat untuk merubah alamat IP Print Server terlebih dahulu sediakan atau gunakan IP Jaringan lokal yang belum terpakai, disini saya beri contoh IP Print Server 192.168.13.138 karena IP ini tidak terpakai di Jaringan Lokal saya.



Save dan Restart perubahan-nya dan kembalikan IP komputer anda ke IP jaringan anda semula.




Untuk melihat apakah setingan Print Server anda berhasil, melalui Web Browser masukan IP Print Server yang telah di rubah. Jika sukses maka akan muncul halaman manajemen Print Server pada Wb Browser anda.
Selanjutnya tinggal sambungin alat ini ke printer atau kalo sudah terpasang di printer tinggal tambah printer aja.

Cara menambahkan komputer baru ke print server