Sistem Pelayanan Posyandu

Pada saat ini saya akan membuat sebuah produk IT yang berhubungan dengan proses system kerja posyandu,pada system ini saya akan membuat sebuah gagasan yang nantinya akan berguna bagi masyarakat banyak terutama kepada ibu-ibu dan balita,karena masih banyaknya posyandu yang menggunakan sistemnya secara manual belum menggunakan komputerisasi,sehingga banyak data yang akan mungkin hilang apabila masih menggunakan secara manual dan menyulitkan bagi petugas posyandu untuk mencari data tersebut,dengan adanya system ini di harapkan akan mempermudah petugas posyandu untuk mencatat setiap data pengunjung,pembuatan pendaftaran data pengunjung jadwal pemberian imunisasi.

Fungsi dari pembuatan system ini adalah
  • Pencatatan data bertujuan agar petugas posyandu lebih di mudahkan dalam melaksanakan pencatatan data tanpa resiko kehilangan data ataupun data terselip,
  • Mempercepat proses waktu dalam melakukan pencatatan bertujuan memberikan kenyamanan untuk si ibu dan anak agar tidak terlalu lama di posyandu,
  • Menghindari salah input data karena masih menggunakan system manual sehingga banyak terjadi salah input data,
  • Mempercepat mencari data pasien bertujuan untuk memudahkan petugas untuk mencari data pasien yang sudah pernah berkunjung,
  • Membuat jadwal bertujuan memberikan jadwal kapan si ibu dan balita berkunjung kembali untuk pemberian imunisasi.

Fitur-fiturnya berupa kolom registrasi disini membantu petugas membuat data baru bagi pengunjung yang nantinya data tersebut akan di simpan untuk membedakan pengunjung yang datanya sudah ada apa belum.

Fitur selanjutnya yaitu tentang data si pengunjung (ayah atau ibu) disini berguna untuk mencatat semua data dari si pengunjung mulai dari nama,alamat,tempat tinggal nomor yang bias di hubungi.

Fitur selanjutnya yaitu tentang data si pengunjung (balita) disini berguna untuk mencatat semua data tentang si balita mulai dari nama,tempat tanggal lahir,jenis imunisasi,berat badan,tinggi badan,jenis vitamin.

Fitur data imunisasi di fitur ini menjelaskan jenis jenis imunisasi yang nantinya akan di berikan kepada si balita tersebut disini juga terdapat nantinya tentang detail imunisasi.

Fitur data vitamin disini fitur ini menjelaskan jenis jenis vitamin yang nantinya akan di berikan kepada si balita tersebut disini juga terdapat nantinya tentang detail vitamin.

Fitur selanjutnya yaitu jadwal kehadiran pasien disini si balita nanti akan di kumpulkan datanya berupa nama lengkap berat badan,tinggi badan,kondisi umum,jenis imunisasi yang telah di berikan ,jenis vitamin yang di berikan.


Fitur yang terakhir adalah fitur laporan yang nantinya dapat di cetak yang nantinya akan berisi tentang laporan tentang informasi si balita yang sudah  di berikan imunisasi dan vitamin dan kapan jadwal harus dating kembali untuk pemberian imunisasi dan vitamin selanjutnya.