Berbeda pada bus pada umumnya,bus ini memiliki sebuah kaki yang melebar membentuk sebuah terowongan besar di bawah badan bus yang bisa di lalui kendaraan lain. Bus seperti ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di jalan. Bus inofativ ini  di rancang khusus untuk masalah transportasi uraban,selama ini perencanaan transportasi perkotaan berusaha mengurangi angka kemacetan tapi tetap mengadakan armada bus sehingga keterlambatan bus pada stasiun stasiun pun mulai berkurang.

Bus berkaki ini adalah alternative yang lebih murah,lebih ramah lingkungan dan lebih cepat di bandingkan harus membuat subway dan mrt,sepintas bus berkaki ini memiliki jalur khusus selebar 6 meterini mirip bus transjakarta karena meiliki jalur khusus dah halte bus berbentuk panggung tinggi untuk memudahkan penumpang memasuki kendaraan,bedanya dengan jalur busway disini jalur bus berkaki tidak memonopoli jalurnya sendiri,jalur bus berkaki bisa di lalui kendaraan lain,dengan melewati kolong bus berkaki,bus ini sangat cocok di Indonesia mengapa? Di karenakan banyaknya pelanggar lalu lintas yang masih melewati jalur busway.

Bus ini memiliki bantuan tenaga listrik dan energy surya,bus tersebut dapat melaju 60 kilometer perjam, dengan membawa sekitar 1.200 sampai dengan 1.400 tanpa harus memblokade jalan kendaraan lain. Biaya pembangunan bus sekaligus jalurnya dengan panjang jalur 40 kilometer hanya menghabiskan dana 500 juta yuan atau sekitar rp 682,6 miliar,hanya 10 persen daripada ongkos untuk pembuatan subway dengan panjang jaur yang sama.tak hanya ramah lingkungan,bus ini juga di klaim dapat mengurangi kemacetan hingga 20-30 persen.

Keunggulan lain daripada bus berkaki ini adalah masa kontruksi yang singkat, hanya setahun untuk membangun rute sepanjang 40 km,bandingkan dengan waktu pembangunan jalur busway,sepanjang 40 km yang sedikitnya membutuhkan waktu pembangunan 3 tahun.bus ini juga tak membutuhkan lahan parker yang besar seperti bus biasa.bus ini dapat di parker di tempat pemberhentiannya tanpa mempengaruhi lalu lalang kendaraan lain. Interiornya pun dirancang dengan skylight besar untuk menghilangkan perasaan depresi ketika penumpang memasuki bus.


Bus seperti ini harus di adakan di Indonesia,karena selain memiliki kelebihan mengurangi kemacetan di Jakarta,bus ini dalam biaya pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dengan biaya yang tidak terlalu mahal juga,bus ini dengan bantuan tenaga listrik dan tenaga surya bus ini pun hemat energy dan juga ramah lingkungan,sangat cocok apabila bus ini di realisasikan untuk Jakarta.




sumber : http://nufart.blogspot.co.id/2011/07/bus-berkaki-di-bawahnya-bisa-dilewati.html