Berbeda pada bus pada umumnya,bus ini memiliki sebuah kaki
yang melebar membentuk sebuah terowongan besar di bawah badan bus yang bisa di
lalui kendaraan lain. Bus seperti ini merupakan solusi yang tepat untuk
mengatasi kepadatan lalu lintas di jalan. Bus inofativ ini di rancang khusus untuk masalah transportasi
uraban,selama ini perencanaan transportasi perkotaan berusaha mengurangi angka
kemacetan tapi tetap mengadakan armada bus sehingga keterlambatan bus pada
stasiun stasiun pun mulai berkurang.
Bus berkaki ini adalah alternative yang lebih murah,lebih
ramah lingkungan dan lebih cepat di bandingkan harus membuat subway dan
mrt,sepintas bus berkaki ini memiliki jalur khusus selebar 6 meterini mirip bus
transjakarta karena meiliki jalur khusus dah halte bus berbentuk panggung
tinggi untuk memudahkan penumpang memasuki kendaraan,bedanya dengan jalur
busway disini jalur bus berkaki tidak memonopoli jalurnya sendiri,jalur bus
berkaki bisa di lalui kendaraan lain,dengan melewati kolong bus berkaki,bus ini
sangat cocok di Indonesia mengapa? Di karenakan banyaknya pelanggar lalu lintas
yang masih melewati jalur busway.
Bus ini memiliki bantuan tenaga listrik dan energy surya,bus
tersebut dapat melaju 60 kilometer perjam, dengan membawa sekitar 1.200 sampai
dengan 1.400 tanpa harus memblokade jalan kendaraan lain. Biaya pembangunan bus
sekaligus jalurnya dengan panjang jalur 40 kilometer hanya menghabiskan dana
500 juta yuan atau sekitar rp 682,6 miliar,hanya 10 persen daripada ongkos
untuk pembuatan subway dengan panjang jaur yang sama.tak hanya ramah
lingkungan,bus ini juga di klaim dapat mengurangi kemacetan hingga 20-30
persen.
Keunggulan lain daripada bus berkaki ini adalah masa
kontruksi yang singkat, hanya setahun untuk membangun rute sepanjang 40
km,bandingkan dengan waktu pembangunan jalur busway,sepanjang 40 km yang
sedikitnya membutuhkan waktu pembangunan 3 tahun.bus ini juga tak membutuhkan
lahan parker yang besar seperti bus biasa.bus ini dapat di parker di tempat
pemberhentiannya tanpa mempengaruhi lalu lalang kendaraan lain. Interiornya pun
dirancang dengan skylight besar untuk menghilangkan perasaan depresi ketika
penumpang memasuki bus.
Bus seperti ini harus di adakan di Indonesia,karena selain
memiliki kelebihan mengurangi kemacetan di Jakarta,bus ini dalam biaya
pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dengan biaya yang
tidak terlalu mahal juga,bus ini dengan bantuan tenaga listrik dan tenaga surya
bus ini pun hemat energy dan juga ramah lingkungan,sangat cocok apabila bus ini
di realisasikan untuk Jakarta.
sumber : http://nufart.blogspot.co.id/2011/07/bus-berkaki-di-bawahnya-bisa-dilewati.html
0 comments:
Post a Comment